Minggu, 10 Mei 2015

Syarat yang tak tergapai?

Syarat yang tak tergapai? 

"Inilah perintah-Ku: kasihilah seorang akan yang lain." (Yoh 15:17). Inilah ideal atau dambaan tertinggi dari Kristianitas: kasih. Agama Kristiani adalah agama kasih. Seorang Kristiani ada untuk mengasihi. Sangat indah, bukan? Iya, Injil hari ini isinya tentang cinta, persahabatan sejati dan tentang mengasihi tanpa syarat. 

Akan tetapi, justru di sinilah titik lemah kita para pengikut Yesus. Kegagalan terbesar kita adalah gagal mengasihi sesama. Kita gagal mengasihi anggota keluarga dan komunitas kita, terlebih lagi mengasihi sesama yang jauh dengan kita atau tetangga, rekan kerja dst. Kita gagal mengasihi orang yang mengasihi kita, terlebih lagi mengasihi musuh kita. Dunia menertawakan Kristianitas, bukan karena ajarannya jelek dan tidak menarik, melainkan karena kita para pengikut Kristus gagal mengasihi satu sama lain. 

Injil hari ini nampaknya sangat indah dan lembut, namun sebenarnya sangat berat. "Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku." (Yoh 15:10). Lagi, "Kamu adalah sahabat-Ku jikalau kamu berbuat apa yang kuperintahkan kepadamu." (15:14). Perintah yang mana? MENGASIHI! Itu aja. Syarat inilah yang sering tidak disadari oleh kita para pengikut Yesus. 

Menjadi orang Kristiani itu bukan hanya soal pergi ke misa tiap hari Minggu atau tiap hari, bukan hanya soal membayar persepuluhan atau menjadi donatur gereja-gereja, bukan hanya berkhotbah berapi-api, bukan hanya soal pakai jubah menjadi imam, biarawan-biarawati, dsb. 

Ada dua jenis orang hebat dan luar biasa. Pertama, orang yang berkata "Yesus, aku tahu tuntutan-Mu sangat berat, tapi aku mau berjuang sampai berdarah-darah untuk melakukannya." Kedua, yang sama hebatnya dengan yang pertama, yang mengatakan, "Yesus, tuntutanmu sangat berat, aku tidak mampu melakukannya. Karena itu aku mau menghapus semua identitas Kekristenanku dari KTP dan dari seluruh hidupku, lalu meninggalkan-Mu." Perkataan ini keras. Siapa yang bertelinga, hendaklah ia mendengar! 

Salamanca-Spanyol, 10 Mei 2015
Selamat Hari MInggu Paskah VI
Lamtarida Simbolon, O.Carm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar