Minggu, 17 Mei 2015

Doa Yesus untuk kita

Doa Yesus untuk kita

“Aku tidak meminta supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, melainkan supaya melindungi mereka dari yang jahat.” (Yoh 17:15).

Di dalam Injil yang singkat pada hari Minggu ini, terdapat kata “dunia” sebanyak 9 kali. Angka itu tentu memiliki makna penting. Dunia ini memiliki agenda yang berbeda dan seringkali berlawanan dengan agenda Tuhan. Yesus berdoa bagi murid-murid-Nya yang masih berada di dunia, sementara Ia sendiri naik ke surga. Isi doa Yesus: supaya Bapa memelihara para murid-Nya, dan melindungi mereka dari yang jahat selagi masih berada di dunia ini. Para murid diutus untuk mewartakan kabar gembira ke tengah dunia yang penuh dengan trick, kejahatan dan dosa ini.

Kita berada di dalam dunia. Kita menyaksikan korupsi yang tak habis-habis, perang yang tak kunjung berujung, dan juga aneka bencana alam yang terus-menerus terjadi. Di dalam lingkup yang lebih kecil pun, di rumah dan komunitas kita sendiri, di tempat kerja kita, di gereja kita sendiri, kita menyaksikan aneka trick licik atau peran-peran sandiwara, praktik-praktik kejahatan dan korupsi, dan berbagai kedosaan lainnya.

Apakah kita harus lari membenci dunia ini atau lari darinya? Yesus tidak berdoa supaya Bapa mengambil kita dari dunia ini, melainkan supaya melindugi kita dari yang jahat. Yesus tidak menyuruh para pengikut-Nya hidup terpisah dari dunia ini, melainkan mengutusnya ke tengah dunia ini yang dilumuri banyak dosa dan kejahatan ini. “Sama seperti Engkau mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku mengutus mereka ke dalam dunia.” (Yoh 17:18).

Yesus berdoa untuk kita semua, supaya tetap bersemangat berbuat baik, bersemangat mewartakan kabar gembira di tengah dunia kita yang seringkali penuh dengan tipu-muslihat ini. Panggilan kita ialah tetap berjuang melakukan yang terbaik yang bisa kita lakukan di mana pun kita berada dan dalam situasi apa pun. Biarlah kita juga belajar berdoa dari Yesus sendiri, “Bapa, aku tidak meminta kepadaMu supaya Engkau mengambil aku dari dunia ini, juga tidak meminta supaya membinasakan semua yang jahat, melainkan supaya Engkau melindungi kami dari yang jahat.”

Pastor Lamtarida Simbolon, O.Carm
Salamanca-Spanyol, 17 Mei 2015
Selamat Hari Komunikasi Sosial Sedunia







Tidak ada komentar:

Posting Komentar